Selasa, 31 Desember 2013

Tips menghemat penggunaan daya baterai perangkat windows 8.1

Artikel ini membahas tentang bagaimana cara menghemat pemakaian daya baterai pada sistem operasi windows 8.1 dengan langkah mudah dan sederhana

arham131226_011724
kehabisan daya baterai saat sedang bekerja atau bermain game menggunakan prangkat Laptop  atau Netbook merupakan hal yang sama sekali tidak pernah diinginkan oleh setiap pengguna. jika hal ini sampai terjadi maka akan ada banyak kemungkinan yang akan menimpa  hasil permainan atau data-data penting yang sedang di kerjakan, umumnya kasus seperti ini kerap kali ditemukan pada perangkat yang masih menggunakan daya baterai sebagai sumber tenaga termasuk juga untuk tablet dan smartphone. biasanya perangkat dengan daya baterai hanya dapat bertahan selama 3 sampai 4 jam sedangkan untuk perangkat berteknologi Super Hybride Engine 2 biasanya mampu bertahan selama 8 jam pemakaian. namun tentu saja hal tersebut masih tetap dipengaruhi oleh tingkat perlakuan pengguna dalam mengoperasikan perangkatnya.
tak terkecuali untuk perangkat laptop dan tablet bersistem operasi windows 8.1,  Perangkat bersistem operasi Windows 8.1 kenyataannya memiliki tingkat penggunaan daya yang cukup besar dibandingkan dengan versi pendahulunya hal ini disebabkan oleh fitur-fitur terbaru yang dibawanya serta faktor lainnya termasuk ketidak sesuaian komponen perangkat yang berkaitan dengan daya, tekhususkan untuk pengguna perangkat tua yang melakukan pembaruan melalui paket pemasangan Windows 8.1 RTM. dengan kata lain sistem operasi windows 8.1 umumnya telah disesuaikan dengan perangkat berteknologi baru seperti halnya  perangkat dengan teknologi Super Hybride Engine, InstantGO (tablet only) atau semacamnya serta perangkat dengan kemampuan prosesor generasi terbaru. hal ini dapat dibuktikan pada prodak Laptop dan tablet yang resmi diluncurkan oleh Microsoft. keseluruahn dari perangkat baik laptop dan tablet tersebut telah mengusung dan mendukung  fitur-fitur terbaru windows 8.1. selain itu perangkat-prangkat tersebut telah dipadukan dengan prosesor generasi terbaru yang memiliki kemampuan untuk menghemat pemakaian daya batarai yang lebih efisien seperti  Intel Bay Trail dengan empat inti prosesor dan multi thread. sementara untuk perangkat laptop yang belum dilengkapi dengan tekhnologi semacam itu pasti akan mengalami penurunan daya yang luar biasa. untuk itu, diperlukan cara khusus untu pernagkat yang bermasalah dengan hal ini.
sampai saat ini pihak pengembang sistem operasi ini sendiri hanya dapat merekomendasikan Tips terdahulu untuk menyiasati hal ini.
1. menentukan rancangan penghemat daya, dengan cara: 
  • Arahkan kursor pada Tray Icon (gambar baterai pada taskbar disebelah kana bawah)
  • Klik dan aktifkan Radio button “ Power saver”
arham131226_024028
2. kurangi tingkat kecerahan layar
biasanya tiap-tiap brand  dari perangkat laptop  memiliki caranya masing-masing untuk melakukan hal ini. untuk perangkat seperti laptop Acer biasanya dapat menggunakan perintah keyboard shortcut FN + UP/DOWN (Launch Manager). silahkan sesuaikan dengan perangkat yang digunakan. atau jika masih kesulitan, bisa juga dengan memanfaakan fitur adjust brightness  bawaan windows 8.1
arham131226_025555
3. lepaskan/cabut semua perangkat lain yang terhubung ke perangkat laptop
perangkat yang terhubung dengan menggunakan USB port biasanya seperti Flashdrive, Modem USB, atau mouse bisa menguras daya pada baterai. lepaskan perangkat-perangkat tersebut jika tidak dibutuhkan. untuk penggunaan mouse akan lebih bijak jika memanfaatkan Touchpad pada perangkat, kecuali untuk keperluan bermain game atau hal lain yang mengharuskan seperti kerusakan pada touchpad.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar